Shanti Ardhini

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
BELAJAR ASYIK DENGAN KARTU BERGAMBAR

BELAJAR ASYIK DENGAN KARTU BERGAMBAR

Mengajar IPA kelas VII semester 2 pada SK.7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem ,KD 7.1.Menentukan ekosistem dan saling hubungan antar komponen ekosistem,adalah saat-saat mengajar yang menyenangkan,karena mempelajari tentang interaksi antar makhluk hidup,sehingga diharapkan siswa bisa lebih memahami konsep ini.Tetapi ternyata tidak semudah yang di bayangkan,ternyata apa yang saya ajarkan masih belum membuat siswa itu paham. Misalnya siswa masih kesulitan untuk menentukan konsumen 1,2,3 dan seterusnya dalam suatu jaring-jaring makanan yang agak lengkap. Karena memang konsep pada materi ini adalah konsep yang abstrak,sehingga saya harus mengubah menjadi konkrit sehingga bisa dipahami oleh siswa.Sehingga suatu saat muncullah ide untuk membuat kartu-kartu yg saya tempel dengan gambar-gambar yang saya ambil dari internet,dengan langkah- langkah pembelajaran sebagai berikut : yang pertama saya menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu bentuk-bentuk saling ketergantungan,kemudian membagi siswa menjadi 5 kelompok,setiap kelompok terdiri dari 4 siswa.kemudian dilaksanakan diskusi kelompok untuk mengkaji lembar kerja tentang bentuk-bentuk interaksi yaitu skema jaring-jaring makanan. Siswa mengamati skema tersebut yang ada di Lembar Kerja Siswa sebagai berikut:

LEMBAR KERJA SISWA

I. Tujuan: Memahami Jaring-jaring Makanan pada Ekosistem

II. Alat dan Bahan :

a. Gambar-gambar hewan dan tumbuhan

b. Kertas Karton

c. Spidol berwarna-warni

d. Isolasi

III . Langkah Kerja :

1. Tempelkan gambar-gambar hewan dan tumbuhan pada kertas karton secara menyebar dan berjarak cukup lebar antar masing-masing gambar

2. Gunakan satu warna spidol untuk membuat anak panah yang menunjukkan satu rantai makanan

3. Gambarlah sebanyak-banyaknya rantai makanan yang mungkin terjadi pada ekosistem tersebut menggunakan spidol dengan warna spidol yang berbeda untuk masing-masing rantai makanan

IV. PERTANYAAN

1. Yang berperan sebagai produsen adalah...

2. Yang berperan sebagai konsumen I adalah...

3. Yang berperan sebagi konsumen II adalah...

4. Konsumen puncak pada ekosistem diatas adalah...

5. Berapakah jumlah rantai makanan yang terjadi pada gambar yang telah dibuat oleh kelompok kamu!

6. Jika Tikus (konsumen tingkat I) mati, perkirakan apakah yang akan terjadi?

Dengan menggunakan media kartu bergambar tersebut siswa sangat antusias sekali ,semua siswa sibuk memasangkan gambar dan menggaris dengan spidol warna-warni,satu warna spidol untuk satu rantai makanan,sehingga siswa menjadi tahu berapa jumlah rantai makanan dalam satu jaring-jaring makanan. Selain itu siswa menjadi paham apa saja yang termasuk produsen,konsumen satu,konsumen dua dan seterusnya sampai konsumen puncak dan pengurai. Sehingga setelah kegiatan pembelajaran diadakan postes,nilai-nilai siswa meningkat,dan banyak yang tuntas.

Ternyata dengan menggunakan media kartu bergambar bisa membuat siswa lebih memahami konsep interaksi makhluk hidup dalam hal ini mengenai jaring-jaring makanan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali